Menambahkan subtitle (terjemahan) pada film hasil download

Tidak bisa dipungkiri, semakin mudahnya akses untuk mendapatkan koneksi ke dunia maya (internet) dan semakin cepat bandwith yang tersedia didalamnya, maka semakin mempermudah seseorang untuk mendownload sebuah film-film terkemuka saat ini ataupun film-film kenangan jaman dahulu kala.

Lewat fasilitas torrent, download peer-to-peer ataupun lewat sharing file yang berserakan secara cuma-cuma di internet, yang bisa di cari dengan mudah lewat mesin pencari layaknya google ataupun yahoo, tidaklah membuat heran jikalau film yang belum diputar di gedung bioskop terkemuka telah ada versi ripper-nya di dunia maya dan siap untuk di download kapan saja oleh siapa saja yang mempunyai akses kepadanya dengan kualitas gambar yang sungguh menakjubkan yang sekualitas DVD ataupun HDV dengan besar file yang relatif kecil (rata-rata untuk format .avi sekitar 600 Р900 MB)  !!

Namun jangan lantas membuat anda khawatir jikalau film hasil download-an Anda tidak bisa dipahami dengan seksama. Karena harap maklum saja, rata-rata kesemuanya adalah dalam format Bahasa Inggris. Bersyukurlah telah hadir sebuah komunitas yang dengan sukarela memberikan kepada kita waktu mereka secara cuma-cuma untuk menerjemahkan ribuan ataupun ratusan ribu film yang telah beredar ke berbagai macam bahasa yang ada di dunia ini, termasuk kedalam Bahasa Indonesia tentunya. ;)

Berikut ini cara untuk menambahkan subtitle pada film hasil download-an Anda :

  1. Download film kesukaan Anda terlebih dahulu (lewati step ini jika Anda telah mempunyai filmnya, yang biasanya ber-extension .avi)
  2. Buka website kumpulan subtitle yang ada di Subscene, atau di OpenSubtitle (thanks buat om PJ untuk infonya)
  3. Cari subtitle dari film yang telah Anda download di kotak search
  4. Klik salah satu judul yang cocok dari hasil search
  5. Jika Anda beruntung, mungkin saja telah ada seseorang yang telah membuat subtitle (terjemahan) dalam bahasa Indonesia, jika tidak, maka Bahasa Inggris pun cukup membantu kita untuk lebih memahami apa yang sedang dibicarakan pada saat itu di film tersebut ;)
  6. Klik pada judul subtitle tersebut, dan kemudian Download file subtitle tersebut pada menu download dibawahnya
  7. Ekstrak kedalam folder dimana film Anda berada, dan beri nama SAMA PERSIS dengan nama film Anda tapi dengan extension .srt (lihat pada gambar contoh diatas)
  8. Terakhir buka file film Anda (extension .avi) dengan player kesayangan Anda (Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, dll), dan …
  9. Selamat menikmati film kesayangan Anda.

Semoga tips diatas bermanfaat dan berguna buat kita semuanya. Sampai jumpa lagi di tips dan trik berikutnya. ;)

Keyword :

  • cara mensubtitle video
  • cara mensubtitle film
  • yhs-fullyhosted_003
  • cara menambahkan subtitle pada film
  • cara mendownload film dengan terjemahan bhs indonesia
  • cara mendownload film dengan terjemahan bahasa indonesia
  • cara menambahkan subtitle
  • cara download subtitle bahasa indonesia
  • cara-membuat-subtitle-bahasa-indonesia-pada-movie
  • cara download film dengan terjemahan bahasa indonesia
Share on Facebook9Share on Google+0Share on LinkedIn0Tweet about this on Twitter0Email this to someone

About the author

Yudhi Aprianto Munjalindra is a web developer, research and blogger. He started to know internet since 1999. He start his first site since April 2002 with Sarikata.com domain name. With all knowledge he got from school or internet, he writes articles in IT, Photography, His Family and some other fields and share through this blog.